Halaman

Sabtu, 20 April 2013

Definisi PECI musLim secara harfiah

By: Pabrik Peci muslim “Aljabar” Gresik

Peci Hitam Aljabar Gresik
Peci, Kopiah, Songkok  merupakan sejenis topi tradisional bagi orang melayu. Peci berasal dari bahasa Belanda pet (topi) dan je (kecil). Definisi Peci sendiri menurut kamus besar Bahasa Indonesia yaitu penutup kepala berbentuk meruncing kedua ujungnya yang terbuat dari kain dsb. Nama lain dari Peci yaitu “kopiah” atau ”songkok”. Jadi Peci, Kopiah, Songkok adalah sama, yang memiliki satu makna.

Songkok berasal dari kata song ambin’,artinya pesan moral yang
ingin disampaikan dari ungkapan songkok adalah kase kosong kodu tako’. Kosong, adalah sesuatu yang tak bisa dilihat atau diraba, tapi mutlak adanya yaitu Tuhan. Sedangkan tako’ adalah manusia hendaknya selalu merasa diperhatikan atau diawasi gerak-geriknya. Jadi maksud dari pemakaian songkok adalah kapanpun dan dimanapun kita berada serta dalam kondisi seperti apapun suka atau duka harus tetap takut kepada Tuhan. Memakai songkok sebagai tanda bahwa pemakai takut kepada Tuhan dalam duka akan menambah kekuatan dalam hidup ini dan penuh harap kepada Tuhan agar ditunjukkan jalan keluar  yang terbaik. Menggunakan songkok yang berarti takut dalam suka artinya mensyukuri semua karunia-Nya dengan cara menggunakan semua nikmat yang diberikan untuk meraih Ridha-Nya.

Peci, kopiah, songkok merupakan tudung kepala untuk pria. Peci, kopiah, songkok terbuat dari kain beludru warna gelap yang biasanya dengan ketinggian antara 6-12 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar