Halaman

Minggu, 21 April 2013

Apakah fungsi lain dari PECI musLim Gresik "Aljabar"?

By: Pabrik Peci musLim “Aljabar” Gresik

Songkok Aljabar Gresik
Pada zaman dahulu, masih sangat banyak dijumpai orang muslim laki-laki yang memakai peci muslim. Bahkan hampir semua orang tua memiliki peci muslim. Pergi sholat, pengajian, kondangan, kenduri, ambil rapot di sekolah, rapat RT, ke pasar atau kerja bagi guru dan PNS semua acara tersebut pasti ditemani oleh peci muslim yang melekat di kepala muslim laki-laki sebagai pelengkap pakaian muslim, baju laki.
Adapun sebuah makna dari identitas orang muslim laki-laki yang pemakaian peci muslim tersebut yakni makna kebaikan dan kesholehan. Orang laki muslim akan memiliki rasa malu jika melakukan hal yang
tercela ketika adanya peci muslim yang melekat di kepala mereka. Sebab itu, jangan merasa heran jika banyak pengemis, peminta sumbangan dan bahkan penjahat yang sedang disidang kompak rame-rame pakai kopiah dalam menjalankan perannya. Mungkin dipikirnya orang akan tersentuh melihat orang sholeh yang sedang kesusahan, atau pak hakim akan sedikit berfikir ulang ketika akan menjatuhkan vonis bagi si penjahat yang kelihatan sholeh dari tampang luarnya.

Dibalik peran peci muslim yang bermacam-macam, peci muslim juga menyimpan fungsi rahasia bagi para orang muslim laki-laki tua zaman dulu, yakni sebagai penyimpan uang kertas dan sebagai tempat menyelipkan rokok bahkan tanpa sangka-sangka peci muslim berfungsi juga sebagai tempat nampung jeruk, duku, salak dan macam-macam jajan pasar, sepulang dari acara yasinan. Kini peci muslim sudah mulai jarang dilihat.

Kini, dalam sebuah sholat jumat, jika diperhatikan hanya beberapa orang saja yang masih setia dengan penutup kepala peci muslim. Itupun kebanyakan dipakai oleh generasi yang sudah tidak muda, ubanan dan maaf, sedikit batuk-batuk karena faktor usia. Tren peci muslim sudah digeser dengan PECI yang warna warni, simple, bisa dilipat dan disaku ketika tidak digunakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar